Suratku untukmu Sahabatku

Menghabiskan waktu remaja denganmu, bertumbuh dewasa, menjejakan kaki dalam berbagai tantangan hidup yang baru. Mencicipi berbagai hal tabu yang sebenarnya normal saja bagi setiap remaja. SMP & SMA, pergi dan pulang, dikelas dan diluar kelas, belajar dan bercerita. Semuanya bersama. Ingatkah, sebelum mendengarkan hasil ujian di SMP. Kita berdua sempat masuk ke kamarmu dan berdoa dengan sangat serius karena lutut ini rasanya mau copot saking tegangnya. Ingatkah, ketika aku pertama kali  pergi ke tanah rantau, suratmu, doamu dan kue darimu menemaniku. Hingga kini pun aku tak sanggup menahan air mata setiap kali membaca surat-surat darimu. Dalam pesawat menuju Surabaya hari itu. Ketika aku harus berangkat seorang diri dan kamu menemani. Surat yang menguatkanku dan mendoakanku. Surat yang membuatku merasa di sayangi. Terima Kasih sahabat. Tahun demi tahun berlalu. Banyak hal dalam hidupmu yang sudah ku lewati begitu saja. Tanpa aku disisimu, aku tahu kamu selalu mampu berdiri tegak karena Tuhan telah mengirimkan banyak sahabat yang lebih baik sebagai gantiku.

10391658_104977436185163_4263254_n.jpg
SMP Negeri 15 Ambon

Ingat lagu yang ku buat tanpa nada yang selaras dan jelas, namun masih mampu ku ingat hingga detik ini. Kamu adalah bagian  dalam masa remajaku. Masa yang sangat kritis ketika kita salah memilih sahabat. Aku memang bukan sahabat yang terbaik  bagimu, tapi aku selalu ingin jadi yang terbaik. Di tanah rantau pun aku selalu dan senantiasa berusaha mengetahui kabarmu, mendoakanmu dan terus menjadi sahabatmu. Meski aku tahu jarak dan komunikasi sangat berperan penting. Aku tahu sekeras apapun aku bertanya tentangmu kamu selalu mampu memberikan yang terbaik saja dari hidupmu, seolah semua baik-baik saja. Terkadang jika aku membaca statusmu dan merasa aku ini tertinggal banyak sekali hal penting dalam hidupmu. Serasa aku pun tak mampu menjadi saudara dan sahabat yang baik. Kini kita sudah melewati masa remaja dan kini menuju dewasa. Level lebih tinggi lagi dalam menjalani kehidupan, dimana setiap kita harus berani bertindak dan mengambil keputusan sesulit apapun dan segetir apapun kita terhadap hasil didepan nanti.

373984_3826862239844_1424508981_n
SMA Negeri 1 Ambon

Aku percaya kebanggaan dan prestasi yang sudah kamu torehkan sejak di bangku sekolah hingga saat ini akan terus mengiringimu. Semua orang yang mengenalmu pun pasti terinspirasi akanmu, aku pun demikian. Motivasi yang kamu berikan bukan sekedar kata tapi contoh nyata. Wanita yang sangat tekun belajar dan sangat serius dalam mengejar cita-citanya. Wanita yang kuat dan selalu mampu bersembunyi di balik kata ” tidak apa-apa semua baik-baik saja”. Wanita yang sudah aku sayangi, aku jadikan sahabat  dan saudariku.

Entah di depan menjadi seperti apa kita nanti, tapi doaku agar Tuhan memberikan pada kita panjang umur dan memberkati bersahabatan kita untuk diwarisi anak cucu. Meski banyak sudah yang hilang dari masa kita berdua, yang membuat kita tak seperti dulu. 

Namun persahabat kan kekal bila Yesus beserta. Persahabatan tak kenal perasaan kecewa. Sampai waktunya tiba pulang ke rumah BAPA. Waktu hidup tak panjang persahabatan….

1484907_10200901527450230_512409043_n
Kado dari Chabek

 Berkat dan Shalom menyertaimu..

SELAMAT BERJUANG; Sampai berjumpa, Sahabat dan saudariku…

YOAN RIBKA ELISABETH SALAKA.

2 Comments Add yours

  1. Bary Salaka says:

    Joe… You are the best… :-* I hope to see you here… Jbu

    1. joeurnaly says:

      thank u sooo much sist :* AMENNN. Jbu

Leave a Reply

