Heart (Noun)

Hati >> Heart (noun).

Definition of heart in English: The heart regarded as the centre of a person’s thoughts and emotions, especially love (Oxf’ A strong feeling of affection and sexual attraction for someone) or compassion (Oxf’ Sympathetic pity and concern for the sufferings or misfortunes of others).

Hati merupakan organ vital dan memiliki peran sangat penting bagi tubuh manusia. Namun definisi hati secara biologi tidak akan aku jabarkan disini, karena aku akan concern sama definisi dan pembahasan hati terkait emosi (KBBI- perasaan) manusia.

Karena hati hidup seseorang bahagia // Karena hati hidup seseorang hancur // Karena hati hidup seseorang bermakna // Karena hati hidup seseorang suram // Karena hati hidup seseorang bahagia // Karena hati hidup seseorang hampa // Karena hati menyangkut emosi manusia // Manusia yang memilih untuk berhati-hati dengan hatinya // Atau manusia yang memilih memainkan hatinya…

Mengapa hati terkadang sangat lemah hingga membuat kita hampir habis daya untuk mengontrolnya ?.. bukankah Amsal 4: 23 berfirman Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan”. 

Ada dua kata menarik disini yaitu;  Jagalah artinya bekerja, bertugas. waspada/was·pa·da/ a berhati-hati dan berjaga-jaga; bersiap siaga: kita harus selalu awas.

Terkadang kita sibuk menyalahkan Tuhan dengan semua kejadian yang kita alami. Patah hati, sakit hati, iri hati, kecewa, putus asa, kepahitan dan segala rupa masalah hati lainnya. Seolah-olah Tuhan membiarkan begitu saja hati kita tersakiti atau hidup kita hancur. Ternyata kita belum sepenuhnya sadar. Menjaga hati disini adalah tugas kita, yakni amanat untuk kita jaga sendiri. Mengapa demikian ?.. Kita bukan punya Tuhan yang otoriter dalam masalah ini. Dia Tuhan yang memberi pilihan dan memberi kehendak bebas untuk semua manusia  menjaga hatinya dengan kewaspadaan. Karena Dia tahu betapa vital dan rentannya hati kita. Tentu bukanlah sepenuhnya menjadi tugas kita lantas Dia Tuhan angkat tangan. Kita harus bekerja sama denganNya untuk menjalankan amanat ini. Bekerja sama untuk mau taat dan peka terhadap apapun yang Dia kehendaki kita lakukan demi menjaga hati ini.

Proverbs 4:23  The Message (MSG)

Keep vigilant(Oxf’Keeping careful watch for possible danger or difficulties) over your heart; that’s where life starts.

Proverbs 4:23  New International Version (NIV)

Above all else, guard (Oxf’ Watch over in order to protect or control) your heart, for everything you do flows from it.

Proverbs 4:23  New King James Version (NKJV)

Keep your heart with all diligence(Oxf’Careful and persistent work or effort)For out of it spring the issues of life.

Dari hatilah kehidupan bermula, segala sesuatu tercipta, keinginan dan dorongan kuat untuk hidup maupun mati. Karena hatilah yang mempengaruhi setiap aspek hidup manusia. Betapa pentingnya menjaga hati ini. Menjaganya dari orang yang salah. Menjaganya dari pilihan dan keputusan yang salah. Menjaganya dari tersakiti namun jangan lupa untuk menjaganya untuk tidak pula menyakiti.  Tidak seorang pun yang pernah dan bisa terluput dari masalah hati. Tuhan tidak lupa untuk menciptakan setiap manusia dengan  hati yang kuat dan tegar untuk menyelesaikan semua masalah yang timbul. Namun hati yang kuat nan tegar pun terlahir dari ketabahan akan setiap proses kehidupan. Respon hati yang benar menanggapi segala sesuatu akan membuat kita tetap berada dalam keadaan hati yang mampu terluka namun akan cepat sembuh. Karena kita tahu bahwa kerja sama dengan Tuhan untuk menjaga hati kita akan membuatNya selalu ada kapan saja untuk memperbaiki hati yang rusak, patah, dan hancur.

Mazmur 34:18
TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

Mazmur 51:17
Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah.
Mazmur 147:3
Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka;

Kesadaran, respon hati yang benar, kepekaan dan ketaatan. Menyelamatkan kita dari keterpurukan. Respon hati ialah kita sadar dan cepat mencari Tuhan, bukan berlama-lama dalam kubangan dukacita. Maka Dia setia untuk memulihkan keadaan kita seutuhnya. Segala sesuatu memiliki masanya. Pengkotbah 3:4 “Ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari”. Jika kita berlama-lama dengan penderitaan akibat hati yang patah dan hancur. Kita sendirilah yang akan merugi. Amsal 17 : 22 “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah  mengeringkan tulang”. Ingat bahwa Tuhan tidak pernah mau anakNya bersedih dan patah hati. Dia Allah shalom yang membawa damai sejahtera ke dunia.

Dalam setiap hubungan apapun jenisnya, sudah pasti kita akan mengalami proses dengan hati kita sendiri. Proses yang  kita alami tidak akan berlarut ketika kita sekali lagi tahu apa yang harus segera kita lakukan. Hubungan pasangan kekasih maupun persahabatan dan kekeluargaan. Semuanya memiliki peluang besar untuk memroses hati kita. Membuatnya semakin tahan uji dan kuat, tegar dan semakin penuh kasih pengampunan. Seringkali kita menyerah dengan proses yang kita alami akibatnya hati ini belum matang untuk menghadapi berbagai hal lain didepan sana.  Menikmati proses Tuhan dalam hidup kita artinya menyadari bahwa setiap proses menaikan kita pada level kehidupan yang lebih tinggi, level yang lebih tinggi membuat kita siap menerima banyak tanggung jawab baru dan berkat berlimpah. Berkat kebahagiaan dan hubungan yang tahan uji. 

Memilih dengan siapa kita bergaul, berdiskusi, berargumen dan bertukar opini menentukan bukan hanya bagaimana pola pikir kita terbentuk namun bagaimana hati kita meresponi segala sesuatu.  Memilih orang yang akan ada didalam hati kita secara khusus pun sangat rentan. Ini yang aku pelajari. Pilihlah seseorang  yang bukan hanya berpikir bagaimana menyelesaikan masalah dengan nalar dan logika berpikir yang cerdas namun bagaimana dia meresponi segala sesuatu dalam hidupnya dengan respon hati benar.  Sangat mudah menilai seseorang dalam keadaan dia menghadapi masalah. Semua karakter aslinya akan terlihat jelas. Aku senang ada disekitar orang yang “bermasalah” dan melihat bagaimana mereka menyelesaikan masalah mereka. Bukan untuk bahan perbandingan namun pembelajaran. Jika kita sanggup merespon segala sesuatu dengan respon hati yang benar, tidak akan ada masalah hati yang terlalu sulit untuk di lalui dalam hidup ini. Respon hati yang benar tidak  membuat kita terhindar dari masalah namun akan membuat kita selamat dari hal terburuk yang diakibatkan masalah itu. 

Sepenggal pengalaman;

Ada orang-orang yang katanya kapok, lelah dan takut berurusan dengan masalah hati. Sehingga memberikan hatiNya seutuhnya pada Tuhan. Ini tidak salah, namun sekali lagi Alkitab berkata bahwa jagalah bukan berikanlah untuk Ku jaga bukan?. Semuanya adalah life’s time process. Tidak akan berakhir setelah memberikan semuanya kuasa hati atau free will kita pada Tuhan. Aku lebih memilih untuk membawa hati ini untuk Tuhan, memberikanNya untuk di tuntun dan bekerja sama denganNya untuk mendengar kehendakNya. Seringkali aku bandel dengan keinginanku sendiri. Ketika menyukai seseorang. Yang mungkin dan memang bukan buatku. Aku bersikeras dengan keputusanku untuk berjalan dan mengikuti “kata hatiku”.  Padahal Tuhan sudah mewanti-wanti untuk tidak mencoba atau membuka hati sembarangan.

*percayalah Tuhan selalu punya cara bagimu untuk menyadarkanmu siapa orang yang kamu sedang sukai 😉 tinggal bagaimana kamu menanggapinya.

Dan setelah semua kejadian yang dilewati pun Tuhan tidak pernah terlambat menyelamatkan hati ini 🙂 semua rasa sakit yang di tumbulkan dari mencobai diri sendiri  akibat tidak taat itulah yang aku gunakan sebagai peta melangkah kedepan. Ketika Tuhan bilang tidak pada siapa pun yang saat ini kita sukai bahkan cintai. Itu karena Dia tahu orang itu bukan buat kita dan orang itu hanya akan membuat kita sakit hati atau sebaliknya. Jangan bandel dan berlama-lama melow dalam kekerasan hati untuk terus bertahan dengan pilihan yang salah. Selama Dia bilang tidak maka Dia sangat peduli. Jika Dia saja peduli pada hatiku dan hatimu masakan ia kita sang pemilik tidak memedulikannya? 🙂

let’s pray :

Turn my heart toward your statutes and not toward selfish gain.
Psalm 119:36 | NIV |

Create in me a pure heart, O God, and renew a steadfast spirit within me.
Psalm 51:10 | NIV |

Taat tidak akan pernah sesuai daging kita dan semasuk akal logika kita. Tapi taat akan menyelematkan kita dari semua hal buruk yang akan terjadi ketika kita enak dalam daging dan melakukan segalanya sesuai logika.

Trust in the Lord with all your heart and lean not on your own understanding;
in all your ways submit to him, and he will make your paths straight.
Proverbs 3:5-6 | NIV |
Take delight in the Lord, and he will give you the desires of your heart.
Psalm 37:4 | NIV |

*Morning Devotion

Date: 09 March 2016       Time: 04: 00 AM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s