Panggilan dan Leadership Seorang Nehemia

Panggilan itu berbeda-beda dari session ke session, waktu ke waktu. Tergantung bagaimana Tuhan lihat diri kita siap di pakai atau ga, tahun ini Tuhan panggil kita untuk melakukan sesuatu tahun depan bisa berbeda. Bukan hanya mendengar konfirmasi dan panggilan cuman satu hal itu sampai kita tua, bukan. Contoh seorang pastor yang misinya untuk menjangkau jiwa, Tuhan bisa pakai dengan segala bakat baru dan talenta yang terus di baharui karena kerinduan hati untuk menjangkau jiwa. Tuhan selalu mempercayakan talenta baru yang ga mungkin jadi mungkin, panggilan itu lucu, lihat mulai dari tokoh-tokoh Alkitab panggilan itu selalu di luar ekspektasi, selalu menarik kita, move us away dari apa yang kita pikirkan tentang diri kita. Dan ada panggilan yang menarik mereka keluar karena Tuhan mau melakukan perkara yang besar, seringkali panggilan itu membuat kita merespon ” itu bukan aku banget”. Nah itulah panggilan!, panggilan membuat kita merespon” aku ga mampu aku ga bisa”. Tuhan melihat ada sebuah misi yang akan Tuhan kerjakan, asalkan kita mau dan tetap tidak melihat diri sendiri, oleh karena itu panggilan intinya hanya untuk memuliakan Tuhan, agar ketika itu di genapi orang-orang bisa melihat dan mencium bahwa  ini bukan tentang manusia karena pada awalnya orang ini tidak bisa melukis dan berbicara, tapi ketika karya itu dihasilkan orang melihat campur tangan Tuhan. Panggilan itu selalu membuat kita mempersiapkan hati dan bejana agar Tuhan pakai. Panggilan berbeda-beda, panggilan tidak selesai satu kali, saya melihat bagaimana orang yang cinta Tuhan, Tuhan selalu berbicara “hei lakukan ini lagi, lakukan itu lagi”. Dan banyak hal mustahil yang Tuhan mampukan untuk kita lakukan.
sekalipun panggilan itu diluar kemampuan kita dan menurut kita, kita ga bisa, tapi ada satu hal kita harus sepakat bahwa panggilan itu ujungnya untuk memuliakan Tuhan. Panggilan itu ada karena Tuhan melihat misi dan kebutuhan. Kita belajar dari Nehemia.(Neh 1 :4,9) Nehemia bersedih hati karena tembok Yerusalem, tapi dia ingat janji Tuhan tentang Israel.

Setiap kita punya skill contoh menari, foto dll. Tapi itu bukan panggilan, berbeda skill dan panggilan. karena skill itu kita olah untuk memuliakan Tuhan tapi panggilan dari Tuhan karena ada kebutuhan dan misi tertentu. Kalo Tuhan pernah berbicara sesuatu pada kita dan ada panggilan maka kita akan jadi orang yang fokus. Sebelum melakukan sesuatu kita harus tahu isi hati Tuhan dulu. Terkadang kita melakukan sesuatu karena di suruh, kita ga ngerti isi hati dan visi Tuhan yang kita tahu kita disuruh, panggilan bukan sesuatu yang didikte dan datang dari orang lain. Berjalan mengikut kristus banyak tantangan walau kita di cipta secara indvidu kita butuh orang lain, saat lemah butuh orang lain mendoakan. fungsi CG adalah ketika sel itu di kumpul di hari minggu ibadah bersama ada sesuatu yang besar terjadi. Nehemia mengerti mau bangun tembok yerusalem bukan untuk coba2 atau memorial wall of Nehemia tapi karena Tuhan pernah berjanji dan dia tahu isi hati Tuhan, apa kita tahu alasan kita beribadah atau di delegasikan tugas pelayanan?.

Untuk meresponi panggilan Tuhan bersama kita harus mengerti misi Tuhan. Jadilah orang-orang yang peka, yang alarmnya aktif, kalo temen udah mulai redup tularkan. Dia Allah masa mudaku aku akan diam di rumah Tuhan seumur hidupku, jadilah berkat jangan tunggu berkat. Bukan hanya datang ibadah untuk menerima sesuatu tapi seneng bertumbuh di rumah Tuhan. Ketika kita berkumpul Tuhan ingin jadikan house of praise and worship. Hadirat Tuhan ada tidak bisa di usahakan dari panggung, PAW yang ngangkat atau acara2, tapi itu semua adalah kerja sama corporate ,hati yang haus hati,yang bersyafaat, hati yang melihat panggilan yang sama. Ketika kita berkumpul ga butuh 10 menit *boommm hadirat Tuhan mengalir luar biasa dan kita merasakan this is the house. Panggilan Tuhan secara pribadi apa yang Tuhan inginkan kita lakukan kita akan peka, selama kita setia dengan rumah Tuhan dan melakukan panggilan Tuhan dan melatih diri dengan persekutuan 2 atau 3 orang setialalah dengan itu, karena itulah Jam terbang kita dengan Tuhan di samping jam doa dan saat teduh kita pribadi yang tidak bisa di subtitusi dengan menara doa atau pelayanan apapun, Nehemia mau bangun tembok yerusalem itu saja ga semua coperative, ada usaha membunuh dia. Dari orang yang di ajak ada yang menolak untuk membangun, karena dia sebagai leader dia memikirkan bagaimana membangun tembok ini. Meski ga semua orang coperative tapi dia nempel sama Tuhan musuh ga ada tempat dalam hidupnya, kita ga akan gampang distract dengan orang yang ga coperative karena kita tahu melakukannya bukan karena kita di sukai orang, bukan jadi orang menyebalkan juga, diluar topik itu, maksudnya karena tahu itu adalah misi Tuhan. Ga peduli kamu bisa atau ga, Tuhan akan buat kamu mampu. Saya bertobat terima Tuhan dan melayani kemudian meresponi panggilan Tuhan jadi pendeta semua lucu ga ada panggilan yang saya banget, saya jadi gembala anak itu ga saya banget saya bukan pencinta anak. semua lucu. Tapi lebih baik saya ga tahu apa-apa, saya bersyukur tidak tahu apa2 ga punya kemampuan apa-apa ,tapi saya tahu itu panggilan dan saya senang-senang saja tuh  i’m just happy, saya mau lihat Tuhan bekerja dan i don’t do anything. Itulah panggilan dan ada bagian kita untuk melakukannya. Ketika ada panggilan, kita adalah leadernya, Nehemia harus pimpin bangsa Israel bangun tembok ini, ada 7 hal sebagai leader dari yang kita pelajari dari Nehemia.

baca lagi bagaimana nehemia merenacanakan semuanya. Sebagai leader kita butuh orang, tapi kita ga harus jadi leader yang hanya mengorder. Contoh ada leader yang ajak 10 orang ke Jepang tapi dia ga bilang mau kemana, akhirnya anak2 nya packing baju ga sesuai musim di jepang, sampai di jepang musim dingin, maka anak-anaknya akan kesusahan dan kedinginan. Karena leader ga jelaskan tujuannya kemana. Leader butuh melihat visi yang sama dengan anak-anaknya.

1. Plan and Organize (ayat 2-20)
Nehemia keliling dengan beberapa orang, dia tidak menceritakan kepada siapapun dulu planmya, dia diam, dia melihat dan merencanakan dulu. Dia berdoa dan berkeliling, dia tidak memberitahu dulu. Dia tahu bangsa mana yang akan bangun gerbang ini dan itu.

2. Delegasi
panggilan itu besar. Kerjaan pasti banyak, Tuhan mau kita membawa orang lain dalam perencanaan Tuhan. Bukan dumping the job hanya bagi tugas tapi tidak turun langsung, leader harus …

3. Over See
Kalo jaga hubungan dengan Tuhan, Tuhan mempermudah banyak hal, kita ga berdarah-darah ga lalu hilang waktu keluarga, Tuhan memberikan sensitivity, hadir saja di lapangan dan cek langsung orang-orang yang kamu delegasikan ke mereka jangan tinggal begitu saja. Penilik CG ga hanya hadir tapi persiapkan roh mu agar tahu CGmu sehat atau ga. Over see itu , kita ada satu dua tingkat lebih tinggi untuk bisa melihat lebih luas. kita tidak akan selamanya memegang 4 CG tapi itu akan grow terus. Latihlah spiritmu dan berdiri di menara yang lebih tinggi sebagi gift dari Tuhan dan punya roh yang peka, jangan sampai ada anak-anak yang punya bakat dan potensi tapi tidak di perhatikan.

Sewaktu saya memimpin dan susah mengumpulkan anggota saya tapi selama saya mau over see dan jaga hubungan dengan Tuhan, Tuhan akan beri nama dan kepekaan kepada saya terhadap anggota-anggota yang harus saya follow up dan take care, biasa leader cari tahu kabar mereka, mereka pikir kita ada perlu padahal kita gelisah tentang mereka dan Tuhan taruh dalam hati saya ada sesuatu yang salah sama salah 1 anggota saya itu. Please take care about people that you lead!!, itu sebuah gift if you don’t want it to bad !! karena kamu ga akan tahu ada hal besar apa lagi yang Tuhan mau persiapkan buat kamu.

4. Memberikan Motivasi
Motivation is key to productivity. Melakukan apa2 itu menunda2, karena kurang motivasi, kita as a leader harus memotivasi, semua orang harus punya kata-kata yang positive. Anak muda kalo sopan aneh? ga dong, tapi kalau ngomong harus sopan!, ga ada namanya junior dan senior, mau apapun jabatannya ya cara ngomongmu dan sikapmu be nice jangan arogan jangan berubah. Contoh: kamu sudah follow up belum jiwa baru? kalau belum jangan langsung di marahin. Tapi kita bisa katakan kenapa?. Kalau orang tidak melakukan apa yang kita minta, tanya dulu kenapa alasannya dan yang kedua tanya lagi ARE YOU OK?… bisa saja dia kacau tapi yang kita kejar adalah tuntutan kita, PRnya, terlebih penting orang yang di depan kita ga kita tanya kamu kenapa, kita mau folow up orang yang ga kelihatan? yang kelihatan aja kita ga care. How can it motivate people ? sehingga orang merasa seperti mesin; kamu nanti follow up ya, kamu nanti tugas doa ya, nanti kamu bawa gitar ya, pas dia lupa bawa gitar  kita tanya kenapa kamu ga bawa gitar, kita selalu memikirkan tasknya, dan apa yang kita tuntut dan hasinya, kita tidak melihat orangnya, tidak memotivasi orangnya. Peduli sama orangnya, selalu kalo orangnya ga melakukan sesuatu pasti orang itu ada something wrong, ga mungkin kalo dia baik saja dan dia meneledorkan tugasnya, pasti something need to be care of berarti orang itu butuh di perhatikan. Motivasi berbicara yang positive and TALK NICELY !

kalau itu melukai orang lain hanya karena tujuan saya terjadi, MENDING GA USAH kalau merusak relationship hanya untuk panggung saya baik, MENDING GA USAH!

5. Kasih Pujian
Contoh: Team WT. Mereka ngerti mereka nyanyi bukan karena tugas, hei, you know you sing because of JESUS? you know that?.. it’s because of Jesus you lead? saya mau berikan pengakuan untuk Team WT hari ini. Kepada orang yang melayani itu beri pujian. pengakuan. Jangan berpikir nanti kebiasaan atau manusia di berikan credit, jangan berpikir demikian.

6.Tidak mempermasalahkan kalo creditnya ga jatuh pada dirimu
As a leader look into Nehemia, di pasal 3. Para peserta dalam pembangunan tidak ada satu pun nama Nehemia di sebutkan and hi ia ok with that. Padahal ya…dari awal semua, segala sesuatu dan dalam meresponi panggilan adalah Nehemia. Dari pasal 1 sampe terakhir itu Nehemia yang jadi leadernya, tapi tidak sekali pun namanya di sebut. Jadi leader itu PERSIAPKAN DIRIMU UNTUK MENANGKIS PELURU BAGI ANAK-ANAK YANG KAMU PIMPIN!. BUKAN MENERIMA PUJIAN KAREN PUJIAN ITU BAHAYA! SALAH ORANG YANG DI PIMPIN ADALAH SALAH LEADER. SETELAH KAMU JADI LEADER JANGAN PERNAH BERPIKIR CREDITNYA UNTUK MU. BAHKAN CREDIT DI BERIKAN PADA ANAK-ANAKMU TAMBAH SENENG, KALAU ANAK-ANAKMU TAMBAH HEBAT TAMBAH SENENG, KALAU YANG DI PUJI ANAK-ANAKMU TAMBAH SENENG, KALAU ANAK-ANAKMU LEBIH HEBAT DARI KAMU TAMBAH SENENG.

7. Tidak distracted dengan orang2 yang ga mau kerja sama
Kalau kita memimpin orang melihat visi Tuhan ada 3 ciri:
orang pertama “i support you”
orang kedua “wait and see lu kompeten ga?”
orang ketiga “orang suka complain”. Untuk jenis-jenis ini you don’t get distracted with people like this, jangan mengganggu engkau menjalankan panggilan. Karena ketahuilah  panggilan ini dari Tuhan.

Panggilan itu bukan kita banget selama kita tahu ada hal besar yang Tuhan mau lakukan, dari session ke session berbeda-beda, Tuhan mau pakai engkau memenangkan generasi ini, tahun ini dikerjaanmu, tahun depan keluargamu, tahun depannya lain lagi.  Panggilan itu kita harus melekat pada Tuhan. jadilah leader yang bisa di percaya dalam melakukan panggilan.
Ada  kalanya kita melakukan hal yang “LESS GLAMOROUS” melakukan hal yang orang ga tahu, di pasal 3 ada seseorang yang membangun gerbang sampah dimana orang-orang datang membakar sampah disana, penting ga? penting!. Tanpa ada satu orang yang mau melakukan hal itu maka akan terjadi chaos dan tujuan ga sampe, jangan sampe jadi orang yang memilih-milih. Jangan mau jadi anak muda zombie yang hanya terima order, tapi jadilah visioner !!!.

Note: ada beberapa yang saya sunting.

Intisari Khotbah Ps. Margaret Wu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s