ISTRI DAN IBU YANG MULIA

Pastor Philip Mantofa

Minggu 3 April 2016 (IR 4)

Setiap wanita memiliki panggilan sebagai Istri dan Ibu, maka jangan cari yang cantik saja tapi “ngawur” karena dia akan menjadi ibu bagi anak-anak anda. 

Sharing ko Philip tentang pelayanannya di Shanghai: Ada sebuah Conference yang akan di selenggarakan tapi di batalkan karena kondisi negara yang tidak kondusif khususnya bagi orang kristen. Tapi justru jadi bumerang yang baik. Saya masuk sebagai SENIMAN bukan pendeta. Malamnya saya ketemu pemimpin-pemimpin dari puluhan gereja. Saya jadi sibuk pelayanan, pagi siang petang malam, tapi khususnya saya datang pameran. Pameran tunggal 20 lukisan. Justru luar biasa saudara, kalau kita KKR pasti di awasi pemerintah, tapi kalau datang pameran udah lepas dan bebas, yang datang kristen dan non kristen. Dan lukisan saya semua tentang Tuhan, malah tempat yang netral di market place orang datang dijamah Tuhan. Saya ingat ketika saya kasih tour dari lukisan satu ke 20 banyak air mata yang mengalir di wajah manusia. Waktu mereka melihat lukisan Yunus dan bilur Yesus. Ada yang melihat lukisan rusa, ada yang kira sapi lagi -_-‘. Padahal itu seperti rusa merindukan air.

Screen Shot 2016-04-04 at 11.22.25 AM.png

Jadi seperti ibadah ada sharing dan nyanyi tapi saya tidak doa di tempat karena akan ada antek-antek pemerintah. Dari jadwal 2 kali sehari jadi 5 kali saking lumernya orang-orang di jalan. Padahal ada banyak tempat art lain yang unggul , tapi mereka hanya nyeni tanpa ada Tuhan didalamnya. Lukisan saya menarik masa dan respon luar biasa karena ada Tuhan.

Screen Shot 2016-04-04 at 11.13.21 AM.png

Bahkan ada 3 orang yang sakit saking hausnya, masih ada selang dan plasternya, keluar dari rumah sakit, saya cari ruangan untuk mendoakan mereka, 3 hari kemudian ada yang jadwal operasi, tapi Praise the Lord batu di ginjalnya hilang. Ada seniman Tiongkok, yang minta tanda tangan saya, dan ada yang beri tahu saya, kamu tahu itu siapa? saya bilang saya tahu saya nggak tahu sapa. :p. Itu seniman terkenal, kenalanlah saya dan mereka terberkati. Saya masih baru tapi memberkati yang lama. Bahkan saya di ajak  debat profesor seni masih muda, tapi dia merasa apa yang dia yakini selama ini terkoyakan dengan seni yang saya bawa. Harusnya seni ga ada arti. yang penting nyeni, art it’s art. Art it’s never enything more dia bilang. Saya bilang saya, art di mulai dari God. (Jangan lupa ini negara komunis ga percaya Tuhan). Saya bilang pencipta itulah seniman sesungguhnya. Lihatlah alam semesta, di darat ada kuda di laut ada kuda laut, mirip bukan. Ga mungkin kebetulan, tapi ada pencipta yang memainkan pena. Dia bilang lagi semua ga ada arti di hidup ini, saya bilang salah. Kalau semua ga ada arti karena hati anda hampa, ga ada Yesus didalamnya. Terakhir dia pulang dan bilang, anda benar. Pasti ada arti dari segala sesuatu. wow ..bayangin!. Dia bilang saya belajar sesuatu dari anda, saya bilang anda profesor masa saya ngajar anda. Lalu saya bilang kita sama-sama belajar, anda belajar Yesus dan saya belajar seni dari anda. Dia pulang sebagai orang percaya. Praise the Lord!!!. Pameran ini berlangsung sebulan.

Screen Shot 2016-04-04 at 11.13.07 AMScreen Shot 2016-04-04 at 11.13.55 AMScreen Shot 2016-04-04 at 11.14.09 AMScreen Shot 2016-04-04 at 11.16.12 AM

AMSAL 31: 10-31

Ayat 10: Cakap di sini ga sama dengan cakep. Menunjuk lebih dalam dari kecantikan badani. Dimulainya udah ga menarik sekali, harusnya beauty, tunggu dulu buat apa beauty tapi dalamnya beast, masalah badani ga di daftar nomor satu. Cakap disini adalah ATTITUTE. Sikap hati yang indah di mata ALLAH, seorang wanita yang punya hubungan dengan Tuhan, bukan wanita yang ngomel dan ngeluh melulu. Karena begitu dia bisa menaruh posisi seperti Ester dan Ruth. Dan mengerti dia adalah penolong dan mitra utama suami dalam panggilan apapun. Jadilah supportive wife. Disini banyak kesalahan pria, banyak yang buta karena kecantikan. Tapi ternyata wanita itu akan menjadi a very bad partner in life. Kecantikan sebentar kata Firman, kalo wanita itu bahasa ibraninya bencekno (bhs.jawa):D .  Cepat lambat pria akan muak dengan kecantikannya. Manusia harus bervisi panjang, Kalau laki udah jatuh cinta dan buta, harus buka telinga dan dia butuh lingkungan dan orang-orang yang bisa dipercaya. Berbahagialah seorang laki yang sudah koleksi orang-orang yang bisa di percaya dalam hidupnya, jika dia butuh langsung ada yang menasehati. Seorang pria harus punya penasehat, orang tua, gembala, saudara seiman. Penting sekali bagi pria mata buta telinga terbuka untuk nasehat. Banyak pria yang membuat keputusan yang mereka sesali, cantik memang tapi isabel. Kalau sudah menikah terlanjur, nasi jadi bubur, makan saja bubur itu dengan bersyukur, tapi setiap orang bisa berubah karena firman Tuhan.

Ayat 10b: Seperti permata, wanita ini adalah aset bagi keluarganya. Untuk itu laki dan perempuan harus di didik dari dini, dari AOG & Pro M. Kita punya single-single yang layak karena di tempa sedini mungkin. Untuk menjadi pacar gampang, menjadi istri itu lain. Wanita perlu menyiapkan diri sejak dini, anda menikah untuk menjadi istri dan mama. Lebih dari sekedar dandan, manusia batiniahnya harus di persiapkan, hati-hati kalau menikah karena kebaikan saja dan bukan tipe anda, hati-hati chemistry itu penting, hati-hati juga punya idealisme yang tinggi, pengen punya istri yang miss universe, cantik, baik, berbahasa lidah, pinter doa, pinter masak. Kalau ada laki-laki yang begitu, sekali-kali wanita boleh inisiatif buat dia kembali dari mimpi siang bolongnya, “ngaca”. Jangan sampai nunggu perempuan yang jauh di pluto dan mars, secara ekonomi, kemampuan, pengetahuan dan tampang juga tidak sepadan. :p

Tapi pasti ada orang-orang yang ada dalam jangkauan anda tapi tidak anda sadari. Wanita juga, punya kriteria segala yang pribadi, hubungan pribadi dengan Tuhan, mobil pribadi, rumah pribadi dan lain-lain. Sekali lagi saya mau ngomong, kalau ngaca itu kasar, “Mikir” :p. Hati-hati mungkin si dia ada di deketmu tapi tak pernah kau anggap. Istri yang cakap itu aset dan supportive woman.

Ayat 11: Hati suami. Pelayanan istri terutama bukan masakan dan apa-apa tapi hati suami. Apapun profesi suaminya, ladang pelayanan istri yang pertama adalah, it’s her husband is heart. Seorang suami bahagia karena hatinya dijaga istrinya, keberhasilan seorang pria ada seorang wanita di baliknya, jangan berhenti disitu tapi saya tambahkan, wanita yang menjaga hati suaminya. Kalau suami pekerjaan tidak berhasil, kelihatan gimana menjaga hati. Bukan berarti pria tidak jaga hati. Firman itu tidak peduli gender, jagalah hati dari segala kewaspadaan. Ketika hawa di tuding sama adam, Tuhan tidak gubris, bahkan hukuman dijatuhkan kepada adam hawa bukan ketika hawa yang jatuh dalam dosa tapi adam. Seluruh dunia jatuh dalam dosa. Mungkin istri anda ga bisa mengimbangi anda dalam pekerjaan, tapi hanya satu yang mengerti seluk beluk  hati anda yakni istri anda, tahukah anda. Karena anda sudah bersetubuh dengan dia, kalian menjadi satu. Kalau persetubuhan lain selingkuhan malah membuat anda bingung dan hampa. Hanya satu berkat pernikahan kudus, karena satu itulah hanya satu orang yang bisa sampai ke seluk beluk hati anda. Seluruh kantormu tidak akan anda temukan seperti itu, teman cantik dan smart pun dia hanya tahu otak anda bukan hati anda, maka hargai dia, karena Tuhan akan berbicara kepada anda. Dia itu namanya istri anda. Istri juga jadi imamat suaminya. Kalau suami mengalami persoalan, jangan jatuhkan dan menghina, suami adalah mahkota istri, mulut pedas, dia berdosa pada diri dan Tuhan, meski suami di serang tapi dia sedang mencoreng misinya yaitu hati suaminya.  Tuhan mempercayakan hati suami kepada istri, maka jaga. Saya mengucap syukur, saya belajar dari istri saya, saya sangat cinta istri saya. mumpung dia ga disini :p. Sebagai pengkotbah, ingat istri jangan ajak berantem suami sebelum dan sesudah kotbah, karena pasti mumet dan capek. Kalau denger sesuatu jangan tambah-tambahi tapi ademkan hati suami. Meski suamimu bencekno, tapi tetap tugasmu menjaga hatinya. Baik dia saint atau sinner hatinya tanggung jawab anda, (pelajari kisah nabal dan abigael).  Karena ketika anda bilang yes i do, anda berjanji pada Tuhan. Yang belum menikah hati-hati memilih.

Amsal 31 ini penjelasan paling luar biasa bagi wanita, laki pun tidak mendapat perlakuan seperti ini. 

Ayat 12: Seorang wanita yang bisa cover suaminya, saya kenal pasangan hamba Tuhan, ketika ada jemaat yang pindah, setiap gembala tulen, ketika tahu ada jemaat yang pindah hatinya pasti sakit, pasti… Istri hamba Tuhan ini datang dan berbuat baik, dan mengajak suaminya ini keluar nongkrong ke cafe dan di hibur, dan saya bersyukur wanita ini melakukan kebaikan yang tidak di lihat jemaat, seorang suami dapat bertahan dalam pelayanan karena ada seorang wanita yang tegar, woman like this would be rewarded by GOD. Istri saya juga biasa cover saya, supaya saya yang kadang lupaan ini, tidak terlihat bodoh di depan orang lain. Ada istri yang suka menjatuhkan suami didepan orang lain, sesama pria kita ada hukum tidak tertulis saling menghargai. Saya juga jadi tidak enak lihat suaminya di gituin; ” Ini loh pak, ga pernah gereja, ga pernah doa”. Saya dan suaminya hanya saling tatap dan nyengir-nyengiran. Dalam hatiku sorry loh pak kasihan deh lu :p. Saya ga bisa bicara apa-apa. Ketika pria di permalukan wanita saya pria juga ikut merasakan. Andai kata, suami di tanya kelas berapa anaknya, dan dia lupa. istri cepat cover jangan biarkan suami kelihatan ga tahu anak kelas berapa di depan orang, cepat cover cepat…. :p. Waktu satu jam ga cukup ngajar ini. Semua ada di firman maka kadang saya mikir kenapa orang ga belajar firman padahal semua ada disini, ngapain kesana-kesini ikut seminar padahal semua ada disini.

Ayat 13-15 (Garis bawahi; senang bekerja, dari jauh dan bangun kalau masih malam)

Ini istri yang bisa mengatur waktu dengan baik, waktu luang harus di ciptakan karena waktu luang tidak pernah ada, kecuali anda pintar atur waktu. Kalau anda bisa mengatur dan menyelesaikan issue dan emosi anda sebagai wanita, sekali pun suami jauh dari sempurna, anda akan menemukan diri anda memiliki banyak waktu luang, karena anda tidak mengurusi segala sesuatu yang tidak perlu. Bukan hanya logos atau jam, waktu itu bisa jadi kesempatan, muncul kreativitas, tidak bergantung pada income suami. Saya ajarkan jadi wanita harus punya pegangan, yang punya anak perempuan jangan dorong terus untuk kawin dengan orang kaya. Kalau anda mau dia kaya, anda harus mengajari dia berbagai macam life skill, sehingga dia tunduk pada suaminya bukan karena takut dan bodoh tapi karena cinta. Dia tunduk bukan karena perlu tapi karena kasih, dia tidak sempurna maka dia butuh suami, perempuan punya pegangan, tidak sama dengan feminisme. Cewek tidak bisa hidup tanpa cowok, tunduk bukan karena ketakutan, istri saya tunduk karena cinta, saya percaya 100 persen,  kalau hari in dia sendiri dia bisa survive, istri saya adalah very smart lady. Itu yang membuat hubungan jadi indah. Kalau juga tidak menikah saya juga bisa survive, saya juga bujangan pertama kali ikut Yesus tidak pacaran sana sini, tidak ikut-ikutan. Hari ini saya mencintai istri saya bukan karena saya ga bisa sendirian, tapi karena saya menemukan belahan hati saya. Istri harus punya pegangan bukan cuman mandiri dengan suami, tapi supaya hubungan kalian bukan tuan dan budak, anda harus renungkan kotbah ini bukan dengar sekali. Seorang istri yang bisa berbisnis untuk menambah income keluarga, saya kenal seorang istri dokter, ketika suaminya sedang mengalami kesulitan keuangan, istrinya membuka catering makanan sehat dan yang jadi pakar makanan sehat adalah suaminya sendiri, sekarang sangat di minati dan jadi besar. Untuk itu ketika istri berbisnis dan ekonomi suami terguncang sang istri menjadi penopang. Tentunya, tanpa meninggalkan tugas utamanya sebagai istri dan mama. Seorang perempuan yang tidak suka gosip dan menggosip sedang membuka peluang untuk Tuhan berkati. 

Ayat 16-19; berkat kadang bukan dari keringat tapi dari kesempatan dalam kesempitan butuh mata elang untuk melihat. Saya kenal pasangan yang suaminya banker, suami pintar, dia petinggi, gaji besar. Istrinya doa dan diskusi sama suaminya, kalau hati sudah percaya dompet pun di percayakan, istri rajin hunting property, apapun yang dia beli selalu BU atau butuh uang dan apapun yang dia jual selalu GBU atau God bless you :p. Ketika suami dapat sedikit istri tambahkan, jadi lebih. Suami takkan bisa buka bisnis se kreative istri, istri bisa lihat apa yang tidak di lihat suami, karena itu suami jangan kutuki istri tapi berkati dia. Wanita harus tahu menentukan standardnya sendiri. Pergaulan wanita banyak di luar sana, dimulai dari para mama di luar sekolah :p . Ga akan ada akhirnya, jangan bergaul dengan sembarang orang. Seorang wanita menjaga diri, pakaian 200 ribu yang dia pakai akan seperti 2 juta. Ga usah borju. Jackie chan pakai palsu, ga ada yang percaya, tapi kalo gelandangan nemu Rolex dia pakai, ada yang percaya itu asli?. Wibawa itu penting.Tapi lingkungan dan  the best relationship Connect Group :D.

Ayat 20: Keindahan batiniah, para istri harus generous, ga harus beli oleh-ole mahal, ga harus beli untuk anak, itu bagus, tapi lama-lama berhala. Setiap kali keluar pikiran belikan untuk keluarga sendiri mahal-mahal, tapi untuk orang lain beli yang buy 2 get 5. 😀 never do that. saya belajar dari istri saya. Kadang pelampiasan saya beli sesuatu untuk anak kalau ga ada waktu untuk anak, itu salah. Kalau, anak saya minta mainan, istri saya sering bilang tidak. Kata istri saya mereka belum buka lemari yang satu itu isinya mainan semua, istri saya suk amikir kita harus belikan anak teman ini itu, istri saya belikan orang lain mahal, saya bilang itu ada yang murah itu loh :D. Anak-anak di awal bisa salah paham. Tapi istri saya memberi pengertian, sejak hari itu saya bisa mengagumi, she is so beautiful. Selama bertahun-tahun seorang laki akan sadar kecantikan istrinya, laki tidak akan pernah bisa berhenti mencintai istri yang seperti ini. Kalau anda pergi kemana-mana pikirkan orang lain, berbagi. Jadi anda bisa belajar untuk shopingkan untuk orang lain.

Ayat 21-22 : Kalau tidak pernah berdandan itu salah, karena alasan anak, itu salah. Jangan gantikan posisi suami dengan anak itu awal permasalahan, dandan jangan genit. Ini investasi istri. Istri berusaha wangi, ada satu couple lagi, anaknya autis. Istrinya dandan dan wangi, dia tidak izinkan sesuatu di luar rencanaNya merenggut hidupnya. Dia terus berdoa dan meminta mujizat. Tapi dia juga menjaga hubungannya dengan suaminya. Jangan borju jangan jorjoran masalah barang mahal. Pernahkah anda melihat orang pakai semua mahal tapi terlihat biasa? karena tastenya kurang? ga tentu branded itu bagus di badan. Dia juga membenahi dirinya, jaga diri dan badan olahraga. Itu kan tubuh Kristus juga.

Ayat 23: Hati-hati, jangan menggossip, karena bisa menodai suami dan keluarga dan jangan memberi diri di gossip. Istri yang takut Tuhan akan berpikir dampak terhadap suami, emang ga bisa menyenangkan hati semua orang, sebijak-bijak istri seseorang pasti ada yang ga senang. Namun yang pasti orang-orang yang memfitnahnya tidak akan ada landasan karena ga ada bahan.

Ayat 24- 25: Ini adalah wanita pendoa, anda ga perlu berdoa 6 jam. Tapi punya saat teduh. Seperti Abigael.

Ayat 26: Jaga mulut dan jaga oral hygiene. Pernah liat seorang wanita? cantik, tapi pas makan ngecap, semua orang yang noleh kembali melihat ke Tuhan. Makan jangan bersuara, trus tertawa besar sampe kelihat nasi disitu. Kita harus jaga tidak perlu pakai topeng tapi sopan. Kecantikan wanita dari kesopanan. Benahi diri anda akan semakin cantik.

Ayat 27- 28: Seorang wanita yang takut Tuhan punya goal sebagai mama, dia memikirkan dan berdiskusi dengan suami dan kasih visi ke anaknya kenapa harus les ini itu. Mungkin anak pertam akali menggerutu, tapi lama-lama mengerti, anak-anaknya menyebutnya bahagia. Bukan ikut-ikutan tapi mama yang berdoa dan melihat bakat anaknya dan di arahkan. Dan suaminya memuji dia, ini istri yang ga jelekan papa di depan anak-anaknya, kalau papa pulang dengan mabuk, anaknya kaget, mama jelaskan, papa salah dan jangan ikut-ikutan papa, sekali pun tidak memuji sang suami tapi harus menetralkan. Dan  mama berkata pada anak-anak, itu tetap papa kalian,  harus didoakan. Istri saya selalu ingatkan dan ajarkan anak-anak untuk mendoakan daddynya setiap kali pelayanan, dan jelaskan kenapa papa harus kotbah kenapa harus kesana kesini. Suatu hari anak saya pernah bilang, kenapa daddy harus kesana, kenapa ga mereka kesini. Lah gimana, masa medan suruh kesini, manado dan jepang juga.  😀 Kenapa daddy bisa kesana mereka ga kesini, istri saya jelaskan, dan anak saya ga kepahitan dengan pelayanan saya.

Ayat 29-31: biarlah perbuatannya di puji di pintu-pintu gerbang, usahakan wanita socially healthy dan knowledgeable jangan cuman nontonya silet seputar celebrity, itu bukan apa-apa tidak menambah apa-apa hanya untuk curiosity. Coba usahakan baca KORAN. Kalau di ajak ngomong sama suami bisa nyambung dan level atau lebih level. Jangan mengurung diri dasteran melulu, berusaha bersosial, PALING PENTING ADALAH BACA. Read, read and read !. Kalau ga di sekolahin tinggi, belajar sendiri, jangan terpaku ijazah, baca buku kek baca sesuatu jangan tabloid buang di sampah cuman bikin kotor mulut. Baca sedikit tentang politik, kalau ada yang ajak bicara soal Brussel anda bisa tahu ya ada bom bukan ya brasil tadi malam menang loh. Suamimu bilang halamak. -_-‘ Maka jangan cuman bahas wajan saja. Anda dapat sesuatu malam ini?. PUJI TUHAN !!!.

Catatan : Intisari Khotbah ada yang saya salin sesuai pemahaman saya karena kualitas audio yang kurang baik. Hanya beberapa kata.

3 Comments Add yours

  1. Keren kak. Terberkati sekali. Gbu 😊😊😊

  2. Keren kak. Terberkati sekali 😄😄😄

    1. joeurnaly says:

      Haleluya Thanks Jesus 🙂

Leave a Reply

