Kotbah di PRO M

Intisari Khotbah Ps. Philip Mantofa

Anak kita serahkan ke Yesus Tuhan. Tadi adalah sebuah karunia nubuatan, beda dengan ramalan. Ramalan ada harga yang harus dibayar, cari barang tertentu, bayar atau pergi ke tempat keramat. Tuhan ga begitu. Nubuatan harus di uji, mulut lebih cepat dari otak, jadi tidak rekayasa dan orang tahu bahwa saya adalah manusia. Ketika mereka tahu saya manusia terbatas, nubuatan seperti melihat dalam kaca yang masih blur. Nubuatan menunjukan kasih Tuhan dan memberitahu bahwa Tuhan ada di hidup kita, Tuhan mau kita tahu dia ada dengan kita. Nubuatan ada sisi negatif sebagai peringatan, beberapa anak kecil yang saya doakan ada orang tua yang datang pada saya dan bilang mereka sudah antisipasi apa yang terjadi pada anak mereka ketika 10 tahun lalu saya nubuatkan. Profesor Erwin kepada cucunya saya berdoa, bahwa anak ini akan membuat banyak orang senang dan pintar matematika. Saya kok tahu? karena saya di ingatkan opanya  atas  doa saya sekitar 10 tahun lalu waktu cucunya masih sangat kecil. Tuhan kita dasyat bukan hanya tinggal di masa kini tapi Dia ada di masa depan, salah satu karya Roh Kudus memberi tahu masa depan, tapi tidak memberi tahu segala sesuatu ada netralisasinya dalam pengkotbah manusia tidak tahu masa depannya agar takut akan Allah. Saya pun pendeta tidak tahu 2 detik ke depan. Tapi Tuhan memberi clue dan Dia memberi tahu Dia masih disini dan aku tidak meninggalkanmu, baca Alkitab ada banyak nubuatan. Kenapa kalau kita baca Alkitab tidak dapat? karena hati tidak haus karena kita hanya cari agama. Karena kita tidak percaya Tuhan tidak dapat berbicara.  Pernah sekali saya baru lahir baru Tuhan kasih saya mimpi saya berdiri di stadion, padahal saya ada di Canda, rasanya tidak mungkin saya kelas SMA 3. Di gereja itu masih 20 orang wakut itu.  Saya lihat diri saya berdiri di gor kertajaya. Pas Gereja Mawar Sharon bikin KKR disitu saya kaget seperti de javu. Di mimpi Tuhan kasih tahu saya. Tahun 1992 saya juga mimpi lihat diri saya di gor, dan baru saja saya khotbah di gor di Malaysia. Itu sudah pernah saya diberitahu dalam mimpi. Saya ingin anda tidak meremehkan nubuatan. Pernah saya mendoakan orang, pada saat dulu saya masih setiap minggu di PRO-M. Pas penyerahan anak saya melewati beberapa anak dan orang tua mereka, tiba-tiba ada suara Roh Kudus berkata, beritahu dia anak ini akan membalas orang tuanya ketika dia beranjak dewasa, kaget saya. Saya cabut mic dan bicara sama orang tuanya. Saya serahkan pada Tuhan setelah ibadah saya duduk dengan mereka, saya tanya kenapa saya dapat begitu ya? lalu tanya anak ini di luar nikah ya? anak ini perbuatan mereka diluar mereka. Saya bilang jangan pernah main-main dengan Roh Kudus, kalian harus jujur. Tidak ada tipu muslihat dalam Tuhan. Saya serahkan sepenuh hati karena anak-anak ini ada masa depan, saya mau menyelam dalam kasih orang tua tapi dengan kasih Yesus karena kasih orang tua tidak cukup, mereka minta ampun, dan bilang belum pernah mengakui hal ini. Waktu tidak menyembuhkan, Tuhan tidak suruh ganti rugi dalam dosa sexual, kuncinya adalah bertobat dan mengakui. Ada kuasa yang kita lakukan di atas Altar. Otak saya tidak secepat itu mikirin semunya itu.

Yeremia pasal 1. Saya mau sampaikan pelajaran sederhana tentang pertanyaan ; WHO AM I? bukan what’s your name? ada satu orang namanya saint atau santo tapi perbuatannya sama sekali bukan saint. Who are you? who am i? tergantung kondisi hidup kita. Wanita zaman sekarang yang penting cantik kurus yang sekarang di tentang oleh lembaga internasional karena wanita di layar kaca yang kurusnya abnormal sehingga sedikit gemuk setress bagi wanita. Who are you? ada yang di unlike unfollow di sosmed, kita merasa terpukul dan harga diri teroreng. Apa kata followers anda? atau kata hattersmu? ada orang yang bunuh diri gara-gara seperti itu. Karena rapuh, papa mama dan orang lain tidak kasih tahu siapa dirinya. Punyakah kita satu hal yang namanya security? rasa aman diri? do you have that ?. Itu hanya tipu daya kecuali damai sejahterah Allah orang yang punya keselamatan jiwa yang merasa aman dan tidak bisa di beli manusia.

Yeremia 1 : 4-5. Siapa Yeremia. Jangan bangun hidupmu di atas dasar yang goyah, hanya ada satu yang teguh Firman. Siapa aku tidak tergantung opini manusia tapi tergantung Firman Allah. Alkitab ini penting, ini surat cinta Tuhan, ada banyak buku di dunia ini dan sangat berguna di dunia ini adalah Alkitab. Firman Allah, saya dulu tidak percaya bahwa ini Firman Allah. Karena saya besar di luar negeri, dari kecil seminggu di sekolah saya harus bikin essay dari 2 judul buku. Dan mengherankan di Indonesia budaya membaca hanya 1%. Di Singapur juga anak kecilnya kaca mata udah tebal. Jadi bagi saya this is just another books to me, selama kita masih sombong angkuh kita tidak akan dapat apa-apa, apalagi untuk berdebat, membenarkan diri, Tuhan akan tutup matanya sampai orang itu butuh Tuhan baru di bukakan. Saya baca Alkitab pertama kali bukan untuk kotbah dan pelayanan, saya baca dengan segenap hati bukan untuk berdebat tapi untuk mencari kebenaran karena hidup saya sedang tenggelam dalam dosa dan krisis waktu saya umur 18 tahun. Justru Tuhan tunggu saya muak dengan semua buku dan opini manusia termasuk filosofi manusia, tidak satu pun bisa mengubahku hanya memberi makan otak. There’s nothing in this world like bible. Latar belakang seorang seperti saya yakin ini Firman Allah  adalah perjalanan mencari, saya tidak mudah impress dengan buku. Alkitab adalah firman Tuhan saya tidak puas cari agama tapi cari keselamatan. Percuman injili orang yang merasa benar masuk sorga dengan amalnya, doakan saja, lebih baik kenal Tuhan waktu masih sehat masih muda, tapi ada yang kenal Tuhan waktu sakit, waktu dalam masalah, jangan sampai seperti Nebukadnesar raja yang paling sombong, ketika mengalami sakit jiwa, dia melihat ke atas baru dia dipulihkan Tuhan. PMI pun mengajarkan kalau orang tenggelam jangan tolong waktu dia masih bergerak mencak-mencak karena kau dan dia bisa sama-sama tenggelam tapi tunggu dia lemas, baru angkat. Ada orang tertentu yang harus kehilangan sebagian besar hidupnya, baru menyerah sama Tuhan. Praise the Lord i give my life since i was young, makanya saya masih bisa melakukan banyak hal. Hati penting sekali untuk terima Firman. Pertama kali saya menemukan jati diri saya dan berbicara sejujur-jujurnya tentang aku adalah Alkitab. Dan hanya buku ini yang bisa bicara kepada kita sekarang, masa lalu dan masa depan. Waktu saya membaca buku ini, saya belajar Allah itu daulat. Ayat 5. Tuhan sudah kenal aku sebelum aku di lahirkan. Waktu baca ini saya menangis 24 tahun lalu. Saya baru mengerti saya sembuh dari penolakan, Tuhan membawa saya ke masa lalu saya, Alkitab lebih dari psikilogi terapi dan psikiatris. Tuhan menerima saya sejak saya dalam kandungan ibu saya. Orang pertama yang melihat saya bukan dokter dan papa mama, tapi Tuhan. Siapa saya sudah jauh Tuhan sudah berbicara pada saya di tempat tersembunyi. Manusia tidak akan pernah ketemu jati dirinya. Sampai dia cari Tuhan, semua perkataan manusia adalah second opinion. Jangan pernah ijinkan orang berkata jelek kamu, jangan percaya karena, second opinion selalu kalah dengan perkataan pertama yang Tuhan katakan pada kita jauh dalam rahim ibu. Benihku dari kekal, bukannya sebelumnya dari sorga di taruh di rahim itu renkarnasi kita tidak percaya. Itulah sebabnya ada orang yang mau di aborsi tidak bisa, “Aku menetapkanmu”. Seperti presiden di tetapkan sudah di pilih harus di tabiskan, anda ada di hidup ini karena Tuhan mau menghadirkanmu disini. Mengenalmu artinya i knew you dan i know you now. Waktu Tuhan mengenal kita secara kekal tidak ada kejutan bagi Tuhan, keunikan kelemahan kelebihan semua Tuhan tahu. Ga usah lari ketika jatuh dalam dosa. Karena Tuhan tahu siapa kita. Langkah paling baik ketika jatuh dalam dosa kembali pada Tuhan. Kalau kita berdosa kita mendukakan hatiNya. Jangan lari, lebih cepat anda kembali pada Dia jalanmu bukan mulus tapi waktu di persingkat. Waktu saya 40 tahun saya mempertanyakan lagi who am i? .  Pasal 5. Sebelum keluar dari kandungan Aku sudah menguduskanmu. Manusia sejak Adam dan Hawa sudah jatuh dalam dosa, dari kecil manusia dalam berbagai ilmu pengetahuan harus di ajarkan, tapi kalau bohong zinah dosa sapa yang ajar? itu semua udah ada dalam daging ini sejak  dosa Adam Hawa. Mustahil hanya dengan berpikir positive anda bisa mengalahkan dosa, hanya Yesus yang bisa. Kudus artinya memisahkan, artinya dari pas lahir tanda istimewa setiap orang tak sama, berarti ilegal untuk kita merasa jati diri kita butuh di terima oleh opini manusia untuk di terima siapa anda, di sekolah omong kotor kalau ga di anggap aneh, you have to make different. Kamu sudah di pisahkan dari sejak lahir. Buat apa kita berusaha di terima dunia, harus ngedrugs dll. Saya pernah ketemu geng, saya ajak dengan salah satu anggotanya dan dengar ceritanya waktu pertama masuk geng, harus bunuh orang baru di terima, geng asia di amerika. Kamu ga usah bertindak sesuai ekspektasi mereka supaya di terima mereka karena Allah udah terima kita, rambut kita dihitung tak ada satu pun jatuh tanpa sepengetahuanNya. Bahasa aslinya your hair are numbered bukan counted. Setiap rambut tidak ada identitas. Jumlahnya contoh 100 tapi numbered lain, setiap rambut di kenal, kalo ada nomor 12 ilang Tuhan tahu. Bukan salah satu rambut tapi salah satu rambut yang di register, begitu berharganya kita, kenapa kita harus berusah di terima dunia. Sorry saya tidak harus cocok dengan ekspektasimu supaya saya harus menjadi seorang yang berharga bagimu. Kita tidak perlu tiru orang. Tapi ada yang niru saya melihat teladan saya, tapi ujungnya dia unik saya unik kita beda. Niru yang positive boleh, manusia itu ikut-ikutan. Gereja yang tidak sehat adalah ketika jemaat jaim memuji Tuhan. Allah menciptakan ekspresi kita. Kalau saya menyembah barak atau sujud, aku ga peduli apa yang orang katakan asal jangan berlebihan.

Kata menetapkan artinya mentahbiskan. Tahbis selalu di ikuti job desk. Anda tidak di tahbiskan menjadi seorang pembenci. Waktu anda mengerti  dan mengenal siapa dirimu anda tahu apa yang harus anda lakukan, kenapa saya membenci orang? waktu saya tahu saya anak terang dan benci adalah anak gelap, maka saya bisa berkata dengan iman dalam nama Yesus roh kepahitan pergi dari hidupku aku menolak. Lalu anda pergi ke musuhmu dan peluk dia bilang aku mengasihimu aku tidak membencimu. Aku anak terang. Disitu kemenanganmu. Manja tidak memberi apa-apa. Banyak yang datang bilang tolong doakan aku, tapi ga mau menang, banyak orang mau konseling-konseling tapi tidak mau cari solusi. Anda harus tegas dengan dirimu sendiri. Anda tidak di tetapkan jadi pecandu, dalam nama Yesus pergi!. Kelepasan saya waktu di Canada. Mengubah hidup saya karena saya tegas, jam 9 pagi saya berdoa di persekutuan doa. Saya berkata pada iblis, aku tidak mau engkau lagi pergi dalam nama Yesus. Itu roh terakhir yang keluar pada masa saya remaja. Saya manifestasi dan di ceritakan teman-teman saya. Seketika saya bangkit dan menjadi orang baru. Anda tidak di tahbiskan untuk menjadi penggosip, pemecah belah. hai suami anda tidak di tahbiskan jadi papa yang kasar dan petinju istri, anda ditetapkan menjadi bapak dan suami yang setia. Kalau begitu Tuhan akan ada di pihakmu, bukan juga di tahbiskan jadi orang pelit. Anda tidak di tahbiskan jadi jemaat biasa tapi menjadi imamat rajani, ketika masuk ke pelayanan anda berkata come on ministry !. Anda tidak di tetapkan jadi pengecut. Saya pernah nginjil pertama kali di jalanan di Vancouver Canada. Saya dapat ludah di wajah saya, karena itu kalangan orang pemakai obat-obatan. Tapi saya tidak tersinggung karena saya di tahbiskan inilah resikonya ini akan menjadi kepujianku. Kalau nanti di sorga ada kilauan emas di wajah saya itulah ludah *hehe :D. Saya sudah di tahbiskan dan ditetapkan menderita bagi kebenaran. Kotbah ini ga ada endingnya, tinggal bagaimana besok hari anda berlutut di saat doa pagi, dan berkata Tuhan beri tahu aku Kau menetapkan aku untuk apa, kalau aku salah ampuni aku. Konsekuensi ditanggung tapi jalurnya beda, dengan banyak doa Roh Kudus akan tolong. Imamat rajani hanya duduk jadi jemaat biasa. Padahal anda di tetapkan jadi pelayan. Anda mau berkat? jangan merengek ke pintu sorga tapi lihat ke manualnya, rombak apa yang tidak sesuai dalam hidupmu.

Let’s pray aku berharga dan mulia di mataMu, dan Engkau mengasihi aku, pakai aku sesuai rencanaMu pakai aku Roh Kudus. Amen

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

