Bersahabat dengan Gay

Dia: Aku takut kak, kalau aku jujur sama kamu, kamu ga akan bisa terima aku..

Aku: Ga apa, kak jo bakal berusaha terima kamu apa adanya kamu dek.

Dia: Bener ya?.. aku punya pacar, coba deh tebak cewek atau cowok ?

Aku: heh? hahaha- entahlah..

Dia: Ia,.. bener aku tuh punya pacar dan dia cowok.

Aku: oooh… iaia ga papah 🙂

Dia: Loh, kamu ga papah? kamu ternyata punya pikiran yang terbuka ya? aku takut loh kasih tahu kamu kak, soalnya kamu tuh religius banget. Kan ga mungkin kamu mau temenan sama aku lagi.

Aku: Kata sapa aku ga mau temenan sama kamu? Tuhan itu kasih, aku ga berhak menghakimi kamu. Kamu tahu konsekuensinya menurut kepercayaan agama bahwa gay dan lesbian tidak bisa masuk surga. Tapi aku percaya kasih itu mampu mengubahkan dan menerima apa adanya. Suatu saat nanti kamu akan bertemu Tuhan dan Tuhan pun akan menemukanmu dek :). Entah kapan, yang pasti aku tetap mendoakanmu selalu.

Sejujurnya, setelah hari dimana teman yang seperti adekku itu jujur soal identitasnya, aku sangat sedih. Ada perasaan sedih yang dalam, kekuatiran akan keselamatannya. Namun tidak terbesit sedikit pun perasaan benci, jijik atau ingin menolaknya. Entah bagaimana ajaibnya muncul kasih yang begitu kuat dari dalam hati. Perkataan yang ku katakan padanya pun tidak pernah ku pikirkan sebelumnya, tiba-tiba keluar begitu saja dari dalam mulutku dan ketika aku menyadarinya aku pun termenung. Benar “kasih itu memulihkan, sebaliknya kebencian dan penolakan malah akan menjerumuskan”.

Dia pernah cerita, bahwa LGBT itu butuh teman, mereka takut jujur karena mereka tidak mau kehilangan teman. Namun jika ada teman yang bisa menerima mereka apa adanya maka mereka akan sangat menjaga temennya itu. Aku bersyukur Tuhan memberiku kapasitas besar untuk mengasihi. Karena sebelum aku mengetahui fakta bahwa aku berteman dekat dengan gay, aku sangat menentang hal itu tanpa aku mau tahu apa yang mereka rasakan sebenarnya.

Sekarang aku punya 2 teman gay, mereka pun awalnya tidak mau aku tahu identitas mereka, karena di mata mereka seorang yang kuat dalam agamanya pasti akan menolak mereka mentah-mentah. Disini aku mau kasih Yesus dirasakan oleh mereka. Tuhan itu sangat mengasihi mereka dan mereka butuh Tuhan 🙂 .

Kalau tanya, lantas gimana cara mereka ‘tobat?’ .. caranya adalah tunjukan kasih, selalu ada disisi mereka, mendoakan dan mensupport mereka. Selanjutnya Tuhan akan beracara dan memberi tahu langkah-langkah untuk membuat mereka menyadari bahwa ada hidup yang lebih baik dari menjadi LGBT.

Kenyataannya pun, kenikmatan sesaat yang di dapat saat ini tidak akan pernah sebanding dengan kekekalan di masa depan dalam alam roh. Jangan sampai status keagamaan kita membuat orang malah menjauhi kita karena mereka merasa lebih berdosa dibandingkan kita yang terlihat agamawi. Ketahuilah bahwa banyak juga yang sampai hari ini bingung dengan diri mereka sendiri. Mereka yang terlanjur terhanyut dalam hidup yang seperti itu menjadi terbiasa dan sulit membedakan jati diri yang sebenarnya. Tetapi aku percaya bahwa Tuhan selalu berbicara dalam hati kecil masing-masing mereka. Kita cukup menjadi alat Tuhan untuk mengasihi mereka dan mendoakan mereka. Hanya Tuhan yang mampu mengubah hidup seseorang 🙂 dan kita bisa menjadi alat Tuhan untuk menjadi teladan dan contoh bagi orang lain mau mengenalNya dan hidup didalamNya.

Salah besar jika orang berpikir saya setuju dan LGBT. Karena jelas dalam Firman, Tuhan melarang hal itu. 

I Korintus 6:9-10
6:9 Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, (memburit/mem·bu·rit/ v bersetubuh sesama laki-laki)

6:10 pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Tetapi Salah besar juga kalau kita tidak mengasihi mereka dan membantu mereka menemukan maksud dan tujuan Tuhan dalam hidup mereka. Saya tiba-tiba teringat ayat ini. Ini ayat bagi saya pribadi dalam mengambil sikap dan tindakan ketika saya tahu teman-teman saya adalah kaum LGBT.

Tuhan pun TIDAK MENCIPTAKAN GAY, LESBIAN, BISEX DAN TRANSGENDER (LGBT). Itu pilihan tiap pribadi ( penyebab dari dalam diri) dan pengalaman pribadi ( penyebab dari lingkungan dan orang sekitar atau trauma ).

Saya punya rhema tersendiri dari ayat ini.

1 Petrus 4:8    yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh  seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.

Penafsiran yang benar: kalau kita mengasihi seseorang, maka kita akan mengabaikan dan menutupi (tak menyebarkan) kesalahan dari orang tersebut

Matthew Henry: “it is the property of true charity to cover a multitude of sins. It inclines people to forgive and forget offences against themselves, to cover and conceal the sins of others, rather than aggravate them and spread them abroad” (= merupakan sifat dari kasih yang sungguh-sungguh untuk menutupi banyak dosa. Itu cenderung untuk mengampuni dan melupakan pelanggaran-pelanggaran terhadap diri mereka sendiri, untuk menutupi dan menyembunyikan dosa-dosa dari orang-orang lain, dan bukannya memperburuk mereka dan menyebar-luaskan mereka).

  1. Bahwa ini merupakan penafsiran yang benar terlihat dari dukungan ayat-ayat lain dalam Kitab Suci.
  • 1Kor 13:7 – “Ia (kasih) menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu”.
  • Amsal 17:9 – “Siapa menutupi pelanggaran, mengejar kasih, tetapi siapa membangkit-bangkit perkara, menceraikan sahabat yang karib”.
  • Amsal 10:12 – “Kebencian menimbulkan pertengkaran, tetapi kasih menutupi segala pelanggaran”.

Calvin menterjemahkan ayat ini sebagai berikut: “Hatred discovers reproaches, but love covers a multitude of sins” (= Kebencian membukakan / menyingkapkan hal-hal yang memalukan, tetapi kasih menutupi banyak dosa) – hal 129.

Calvin: “What Solomon meant is sufficiently clear, for the two clauses contain things which are set in contrast the one with the other. As then he says in the first clause that hatred is the cause why men traduce and defame one another, and spread whatever is reproachful and dishonorable; so it follows that a contrary effect is ascribed to love, that is, that men who love one another, kindly and courteously forgive one another; hence it comes that, willingly burying each other’s vices, one seeks to preserve the honour of another” (= Apa yang dimaksudkan oleh Salomo cukup jelas, karena kedua anak kalimat mengandung hal-hal yang dikontraskan satu sama lain. Sebagai mana Ia berkata dalam anak kalimat yang pertama bahwa kebencian merupakan penyebab mengapa manusia saling mempertontonkan / memalukan dan mencemarkan nama baik, dan menyebarkan apapun yang memalukan dan merupakan aib; sesuai dengan itu, maka suatu hasil yang bertentangan diberikan kepada kasih, yaitu bahwa manusia yang saling mengasihi, dengan baik dan dengan sopan saling mengampuni; karena itu, hasilnya adalah bahwa, dengan sukarela mengubur kejahatan satu sama lain, seseorang berusaha untuk menjaga kehormatan dari yang lain) – hal 129.

Calvin: “This singular benefit love brings to us when it exists among us, so that innumerable evils are covered in oblivion. On the other hand, where loose reins are given to hatred, men by mutual biting and tearing must necessarily consume one another, as Paul says (Gal 5:15)” [= Manfaat yang luar biasa inilah yang dibawa kasih kepada kita pada waktu kasih itu ada di antara kita, sehingga tak terhitung banyaknya kejahatan yang ditutupi dalam pelupaan. Di sisi yang lain, dimana kebencian dilepaskan kekangnya, manusia dengan saling menggigit dan menyobek pasti memakan satu sama lain, seperti dikatakan Paulus (Gal 5:15)] – hal 129.

Gal 5:14-15 – “(14) Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: ‘Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!’ (15) Tetapi jikalau kamu saling menggigit dan saling menelan, awaslah, supaya jangan kamu saling membinasakan”. Baca lengkapnya bisa KLIK >> SUMBER .

Advertisements

4 thoughts on “Bersahabat dengan Gay

  1. Jooolindaa!!! Awesomee blog !!
    Aku juga pnya temen gay & lesbian. Tapi Puji Tuhan sih ga sdikit pun terbesit buat bnci sma mereka, mlah kadang aku sharing” firman sama mereka. seriuss,waktu aku baca blog mu bner banget. Majuu teruss jooo!! We miss you!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s