Pelayanan mengubahku

Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu,  supaya kamu pergi dan menghasilkan buah  dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku,   diberikan-Nya kepadamu.

Yohanes 15:16

Setelah 6 bulan ga pelayanan baru nyadar betapa menyenangkannya melayani Tuhan entah di gereja atau  komunitas. Tanggung jawab yang di emban seorang pelayan Tuhan menurutku adalah sebuah tanggung jawab mulia dan penuh kasih karunia. Melayani Tuhan apapun dan dimana pun membuat aku bertumbuh lebih dalam mengenal pribadiNya. Lewat pelayananlah iman dan kasihku kepadaNya berbuah-buah lebat. Hari ini aku melihat-lihat lagi foto-foto saat aku pelayanan. Kemudian aku sadar bahwa bukan aku yang memilih melayani DIA tetapi DIA yang memilih aku sebagai pekerjaNya. DIA mempersiapkanku jauh hari sebelum aku pernah membayangkan akan berada dalam sebuah team pelayanan. Dimulai dari SMP sekitar umur 15 tahun aku di percayakan melayani di Gereja lokal sebagai sekertaris remaja dan pemuda. Saat itu aku belum memahami apa itu melayani. Meski aku lahir baru di umur yang sama dan sudah menerima bahasa Roh. Aku sama sekali tidak fokus melayani. Akhirnya aku memutuskan berhenti melayani karena aku harus masuk SMA yang jauh di kota dan ngekos. Di tahun ketiga SMA aku ikut sebuah Leadership Camp, namanya Royal Ranger.

Camp ini merupakan pelatihan mental, fisik dan sosial untuk pembentukan jiwa kepemimpinan yang sesuai dengan yang diinginkan Allah dan kemudian setiap orang dapat menjadi pemimpin yang baik di rumah, gereja dan market place. Royal Rangers lahir dari Gereja Sidang Jemaat Allah di Amerika dan sekarang sudah ada di  80 negara di seluruh dunia.

Camp Leadership ini sangat disiplin namun berdampak besar dalam mengubah karakter sebagian besar anak-anak yang ikut saat itu termasuk aku. Banyak yang ku pelajari, mulai dari mengenal Hati Bapa (pemulihan hubungan dengan orang tua) kemudian bagaimana menjadi leader yang berani dan bertanggung jawab. Yang unik dari camp ini adalah setiap Leader Patrol atau pemimpin group haruslah yang paling muda. Hal ini mengajarkan ku untuk menerima dan menghormati pemimpin meskipun umurnya lebih muda. 

66524_102702449795869_1502109_n
RR CAMP AMBON 1
33728_102703039795810_6424727_n
Tempat tidur paling nyaman

62201_440870918462_3700641_n

65974_102710103128437_339909_n
Flying Fox
65974_102710106461770_5255793_n
Masing-masing cuci piring sendiri
66524_102702456462535_1547217_n
Outbound
66639_102703463129101_2299768_n
(yg baju pink haha)
39686_417596403462_2942644_n
(yang baju putih hehe)

69377_102702833129164_8315735_n

39718_417607993462_4112282_n
(yang baju biru LOL)
67749_102710903128357_2006053_n
RR CAMP AMBON 2
68990_102717153127732_4576471_n
Rangers harus bersih hehe
67424_102708149795299_4216235_n
Kelas di pisah menurut umur
67424_102708153128632_8044048_n
Kelas kak abenk paling keren pemandangannya
67424_102708156461965_8382097_n
Kelas kak Noel
68990_102717156461065_1175766_n
Ini tempat camp kami, memanfaatkan keindahan pantai di Ambon 
61376_1369293242155_6396603_n (1)
Malam terakhir camp RR 2 di Ambon 

Setelah 2 kali ikut Royal Ranger Camp di Ambon tahun 2010. Aku pun berangkat ke Surabaya untuk persiapan kuliah di tahun 2011. Di tahun itu pun diadakan RR Camp di Bali dan aku di percayakan melayani. Aku masih umur 18 tahun dan harus menjadi mentor. Pertama kalinya harus berhadapan dengan berbagai anak yang punya latar belakang berbeda-beda. Sangat memusingkan hahaha. Yang paling aku ingat dari camp ini, di hari terakhir kami harus ngadain outbound jauh dari gereja dan tempat camp. Sekitar 2 jam perjalanan, buatku itu sangat menakutkan. Karena semua pastor dan team lain sudah berangkat duluan. Setelah mengatur semua keberangkatan dan berkomunikasi dengan para tentara yang kami sewa truknya. Aku juga harus bersiap menjemput anak-anak dari panti asuhan yang akan bergabung bersama kami. Bertambahlah jumlah anak yang ada di bawah tanggung jawabku. Di daerah yang asing dan orang-orang yang aku pun juga belum kenal baik sungguh sangat menegangkan hahaha. Tapi hari itu turut mengubah karakterku untuk selalu siap menerima dan menjalankan tanggung jawab sebesar atau sekecil apapun.

291553_1904659945988_4813280_o
Kelas kak Yerry
291226_1904689906737_2960134_o
Kegiatan bersih-bersih gereja
326199_1904709787234_2890835_o
note yang aku kasih ke setiap kamar LOL
330841_1904872511302_1711793_o
OTW Outbound

286361_1904884391599_4590784_o328681_1901144618107_5835868_o332789_1904921432525_1132821_o332789_1904921552528_2742898_o

337456_1901121657533_3976602_o
Pengalaman yang luar biasa

Aku ga lupa berterima kasih sama semua papa, mama serta kakak-kakak rohani yang dulu melatih dan mempercayaiku banyak hal luar biasa. Thank you buat Mom Joy, kak Yerry, Ka noel dan Ka Abenk. ^.^

Lanjut di tahun yang sama sekitar bulan Juni aku ikut Boanerges Youth Camp Surabaya. Ga lama setelahnya aku bergabung melayani, mulai dari bikin buletin, tukang motret, singer lalu bikin video dan terakhir jadi team doa. Wah perjalanan panjang, melelahkan, memusingkan, penuh kontroversi hahha (lebay). ga kerasa 2011-2016 Aku ada disana. Banyak perubahan yang terjadi, banyak pelajaran yang ku terima, banyak pula tanggung jawab yang ku tanggung. Aku sadar bisa melayani hampir di segala bidang di Boa merupakan pengalaman dan kesempatan yang aku ga pernah bayangkan sebelumnya bisa aku lakukan. Di ijinin nyanyi meski suara alakadar, motret dan bikin video meski ga pernah belajar sebelumnya, ngeMC padahal ga bisa sama sekali, kalo dekor sih paling seru manjat-manjat LOL.. banyak banget hal luar biasa yang di alamin di Boa. Hari ini aku bisa bilang aku sangat mengucap syukur untuk semua itu. Hingga detik ini Boanerges   merupakan salah satu keluarga luar biasa yang pernah aku miliki di bumi. #weareone #wearefamily !

11830_4613164936920_572179996_n (1)
NgeMC padahal ga pengalaman 
936077_10202250700418711_8959779056139455697_n
PAW di BOCAMP
994603_10200522396332189_376080423_n
Awal-awal jadi tukang motret
1380389_10202740140734413_1767017791871211113_n
PAW VALDAY
1907782_10202398337709551_5541037795624557569_n
Pembubaran panitia camp
10371367_10201950423911986_8717164221189540235_n
Pertama kali bikin film pendek promosi camp
10383653_10202250730379460_7914120594257304368_n
Bocamp 
10409511_10202739784965519_5537779104957120954_n
PAW Ultah Choir

10433893_10202740136094297_6835399729738023959_n

10478541_10202000115594247_8439245173026892784_n
awal pelayanan PAW
10527340_10202268830871961_69848195541390223_n
PAW CAMP 
10547534_10202250702418761_8157154564470980357_n
PAW bareng pastor kece yang suaranya kece! haha
10557632_10202251309233931_4410625655443716308_o (1)
Nyambi jadi MULMED alakadarnya

10570338_10202250729939449_743752576957068295_n

10574264_10202410946344759_5432904985304631702_n
PAW 17an 
10583812_10202268804991314_8941304262417101254_n
Bareng Logistic team 

10616686_10202395791485897_7712589495114478031_n10620771_10202377229981871_6634693158203458221_n

10806281_10203072956214592_5856346964381221324_n
Event Team Natal umum bareng semua anak BOA

10847838_10203072949294419_5899423280715405243_n (1)

10917818_10203259852766889_1428899645401294595_n
Natal Boa
10923524_10203267598080517_297356415392933101_n
Nyambi dekor 
10931330_10203269531568853_5828982508117808303_n (1)
Ibadah natal dekorasinya keren kak Claudya ihiy!
10968489_10203435590400220_8364002696015195038_n (1)
PAW Tahun Baruan dengan suara alaala  LOL
11062432_10204942906402178_3195681546170901129_o
Akhirnya kita bisa ikutan seminar wkkww
11222724_10204418659216326_1146518198195574892_o (1)
Jaga pos outbound
11377176_10204080292437368_8413048995006878143_n
PAW Natal dengan suara alaala
11695769_10204385725873013_1077384713792450684_n (1)
Makannn pas pulang camp yeay
11893909_10204942907402203_4868516740132635178_o
Pelayanan di RADIO 
11898677_10204603112507543_7772982230881970544_n
Seminar bareng gini seru loh 
12107025_10204864405959716_1044110354424978322_n
Pelayanan Minggu
12193686_10204942905842164_1157540097984204238_n
Seminar pertama yang kita ikutin bareng2 LOL 
13320976_10206246264825324_861454350500615982_o
Pelayanan Minggu bareng Choir BG 
13321960_10206246341987253_7198271520108311069_n (1)
PAW Tahun baruan (2)

Nyambi melayani di gereja aku juga aktif melayani di kampus. UKM BKN atau unit kegiatan mahasiswa bidang kerohanian nasrani. Sebuah komunitas luar biasa yang jadi kompor buat aku berapi-api melayani di gereja. Meski kami berasal dari berbagai aliran gereja, tapi kami anak-anak muda yang tergila-gila sama Tuhan. Semua yang aku dapat di kampus aku bawa ke gereja. Ada sebuah kerinduan luar biasa yang aku ingin share ke temen-temen di gereja. Sebagaimana kami di kampus bertahan melayani meski minoritas dan sering kesulitan dalam birokrasi, jualan untuk dapat dana meski sering ga cukup dan pada akhirnya mengandalkan doa dan berpuasa (haha ini intinya sih). WAH Tuhan itu luar biasa. Di kampus caraku melayani berbeda dengan di gereja. Aku lebih bisa menerapkan konsep Royal Ranger di kampus, lebih tegas dan disiplin. Kalau di kampus ada DIKLAT atau pelatihan khusus kepemimpinan sebelum berorganisasi. Disitulah aku biasanya bisa mengajarkan adik-adik supaya lebih kuat secara mental dalam mengemban tanggung jawab dalam keadaan sesulit apapun. Di kampus ada satu event yang paling memorable buatku. Yaitu KKR Paskah dimana aku di tunjuk menjadi ketua panitia. Luar biasa pengalaman yang aku rasakan bersama Tuhan. Mulai dari persoalan anggota hingga dana. Banyak hal di luar logika yang terjadi (alias Mujizat) yang terjadi. Hari H kami masih kurang dana sekitar 2 juta. Namun sebelum, saat hingga akhir ibadah berlangsung tangan aku ga berhenti terima berkat dari berbagai orang yang aku bahkan ga kenal. Entah itu dari alumni, anggota panitia dan keluarga mereka hingga pastor yang juga berkotbah saat itu. Malahan kami surplus.. ahah!  WOW Tuhan itu (…. )wes abis kata (^.^). Mulai dari berbagai peristiwa inilah pelayanan memiliki arti tersendiri dalam hidupku. Prinsipku, apapun yang bisa aku lakukan meski ga di gereja atau komunitas tapi hal itu memuliakan namaNya itu adalah pelayanan bagiku. Sekarang sudah sangat lama rasanya ga melayani dan ga enak rasanya. Untuk itulah, kalian yang bisa melayani harus bersyukur dan jangan mengeluh. Normal kalo kalian capek dan kadang bosan. Tapi jangan lama-lama cepat bangkit. Kata Pastor Philip, pelayanan itu menjaga kita, menjaga hidup dan rohani kita untuk terus melekat dan bertumbuh serta berbuah dalam Tuhan. Dari setiap pengalaman yang aku alami dalam pelayananku merupakan moment berharga dimana aku bertemu secara pribadi dengan Yesus. Imanku bertumbuh dan semakin kuat. Bukan lagi apa kata orang tentang mujizat dan tentang siapa Yesus tapi sekarang aku sendiri sudah mengalamiNya. Ketika aku mengalami kesulitan dan masalah Tuhan  selalu ada dan mengingatkanku pada mujizat-mujizat yang dulu pernah aku alami bersamaNya dan itulah kekuatan bagiku. PELAYANAN ITU TIDAK PERNAH SIA-SIA.

319065_3890247904446_764615639_n
RETRET
556207_3306094220969_557024555_n
KKR
1410881_10200948616907437_1534508975_o
Natal
1482295_10200947017707458_883409674_n
Natal bareng teman-teman dari panti asuhan 
1481206_10200946845543154_944025878_n
bareng adek2 rohani
1454240_10200902343590633_1543422270_n
LALATIHAHAN 
1488561_10200902349230774_1453104848_n
bareng orang-orang keren di bidangnya lol
1604543_10201175334695240_221142515_n
dapet ayat di fellowship pengerja. Ayat paling me-rhema
10300222_10201926162945477_3521808104769130837_n
KKR DOA

10325365_10201926153865250_3388468994584288778_n10363662_10201926162105456_5014966120729934096_n

10371638_10201925852457715_7907782566846562347_n
Thank you CHOIR
10452982_10201926181065930_486974310176519097_o
Thank you buat kesaksiannya ko
10406488_10201926157945352_7576178008511258267_n
Thank you semua pelayan mimbar
10378154_10201925992221209_4112978268262273552_n
Thank you panitia KKR DOA

10403652_10202851297833271_8072458896612127557_n (1)

10408529_10202851301393360_9080270088000267358_n
retret
10410237_10202175987710940_4801222888530798952_n (1)
pemilihan ketua UKM
10488300_10202181455407629_8378140963171666215_n
fellowship
10806318_10202851286392985_6770901404329710651_n (1)
bareng si ketua hehe
11896421_10204636576064111_510398396197206770_o
penerimaan mahasiswa baru
IMG_20150522_234459
ibadah jumat
kd
Natal pertama , ini kakak rohani paling kece
Foto1150
retret pertama haha

Hanya orang-orang yang dulu  mengenalku secara pribadi yang sepertinya bisa tahu seberapa besar perubahan dalam hidupku!… semua yang aku tulis disini bukan pamer, sebenarnya aku juga males buat bikin pos ini. Tapi aku ingin nunjukin bukti nyata seorang yang keras dan bahkan kata orang ga peka ini (secara INTJ LOL) bisa berubah. Tuhan dan pelayananlah yang mengubahku. Aku percaya kemana pun aku melangkah akan selalu tersedia pelayanan untuk aku kerjakan. Aku ga pernah suka berpikir melayani untuk dapat berkat atau masuk surga. Karena buatku semua alasan hanya akan bersifat sementara kalau hatiku ga penuh cinta dan hasrat menyenangkan Bapaku yang di sorga. Semua yang aku lakukan aku percaya akan punya dampak buat hidupku dan hidup orang lain namun yang terutama aku ingin membuatNya senang dan bangga terhadapku. Sebagaimana seorang anak ingin menyenangkan dan membuat bangga orang tuanya… Itulah aku. Alasan kedua; aku ingin menjadikan pelayanan sebagai cara aku mengucap syukur untuk semua kebaikanNya, emas perak DIA punya tapi tubuh jiwa dan roh yang melayani DIA adalah persembahan dan ukupan paling berharga bagiNya.  Bicara soal berkat dan keselamatan itu jaminan pasti apalagi buat para pelayanNya ! ^.^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s